headnya

Friday, September 23, 2005

INILAH PRODUK GLOBALISASI


Kekayaan perusahaan multinasional dewasa ini sudah jauh melampaui pendapatan negara-negara di dunia. Pada 1997 total penjualan General Motors sebesar US$ 164 milyar, sementara GDP Indonesia hanya US$ 52,2 milyar.

Tiga orang terkaya di dunia saat ini menguasai asset yang nilainya sama dengan milik 600 juta orang di 48 negara termiskin. Seperlima penduduk di negeri-negeri paling kaya menguasai 86% produk domestik bruto dunia, 82 persen pasar ekspor dunia, 68% penanaman modal langsung.

Dana yang diperlukan untuk memberantas tuntas kemiskinan di 20 negeri termiskin untuk selama-lamanya hanya sekitar US$ 5,5 milyar, sementara penduduk dunia menghabiskan US$7,2 milyar per bulan untuk membeli fastfood.

Gaji CEO Walt Disney Michael Eisner sama dengan upah 100.000 buruh Haiti yang memproduksi boneka dan pakaian Disney. Atau pendapatnya sehari setara dengan upah seorang buruh selama 166 tahun.

Separuh penduduk dunia hidup dengan US$ 2 per hari, sementara pemilik Microsoft, Bill Gates berpendapatan US$95 per detik sejak Maret 1986.

Saat ini diperkirakan masih ada 840 juta orang menderita kekurangan gizi. Satu dari delapan orang di planet ini adalah pengangguran. Satu dari empat anak di dunia kini menderita kekurangan gizi, dan setiap menit ada empat anak yang meninggal dunia karena penyakit diare dan gangguan pencernaan.
(obw)***

(sumber: Majalah Kerja Budaya)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home